Strategi Implementasi SATUSEHAT

Proses strategi implementasi SATUSEHAT oleh Fasyankes

Integrasi SATUSEHAT sederhananya hanyalah proses mengunggah data kesehatan dari teknologi RME/RKE yang telah dimiliki Fasyankes ke dalam sistem Kementerian Kesehatan. Proses pengunggahan ini melibatkan teknologi bernama API, sebuah sistem yang mampu menghubungkan RME milik Fasyankes dengan database Kemkes. Fasyankes tak perlu repot berpindah platform, selama standar data RME miliknya sesuai dengan kaidah yang ditetapkan SATUSEHAT. 

Proses integrasi terdiri dari 4 fase: 1) Penerapan RME, 2) Integrasi Teknis, 3) Registrasi Administrasi, dan 4) Pengembangan Lanjut. 

Mari kita bahas tahapan-tahapan di atas

1. Penerapan RME

Fasyankes mendapat keleluasaan untuk membangun RMEnya sendiri. Bisa membangun sendiri, atau melalui vendor yang terdata di https://satusehat.kemkes.go.id. Jika sudah memiliki RME, tim IT atau vendor RME Fasyankes perlu memastikan jika RME ini nantinya sesuai dengan standar data yang diterapkan SATUSEHAT.

2. Integrasi Teknis

Fasyankes perlu memastikan standar data yang diterapkan di RME miliknya sesuai dengan kaidah SATUSEHAT. Untuk tahap pertama, Fasyankes bisa memulai dari modul wajib sederhana yakni integrasi data Pendaftaran dan Diagnosis

3. Registrasi Administrasi

Setelah melakukan Uji Integrasi, Fasyankes perlu mendapat akses melalui proses registrasi administrasi. 

4. Pengembangan Lanjut

SATUSEHAT tidak berhenti di modul Pendaftaran dan Diagnosis. SATUSEHAT memiliki 6 modul lainnya.