Logo Kemkes
Berita dan Pembaruan

Digital Maturity Index (DMI)

Fitur Visualisasi Data Dashboard DMI

16 August 2024 12:37

Kementerian Kesehatan

Dashboard DMI menyediakan fitur untuk menampilkan data penghitungan hasil pengisian kuesioner seluruh fasyankes di Indonesia. Tampilan data ini berisi nilai akhir DMI dari beberapa subyek penilaian, baik dari fasyankse (mikro), dinas kesehatan (makro), hingga nasional.

Pengguna perlu masuk terlebih dahulu ke dashboard melalui https://dmi.kemkes.go.id dengan memasukkan akun dan password.

Begitu berhasil masuk, dashboard DMI akan menampilkan informasi berikut:

  1. Untuk membuat/ menambah dashboard baru
  2. Untuk mencari dashboard
  3. Daftar dashboard yang ada (“Show More” untuk menampilkan keseluruhan dashboard
  4. Untuk menambahkan filter pada dashboard (Org. Unit dan Periode
  5. Untuk pengaturan lainnya

DMI menyediakan berbagai informasi dalam dashboard seperti:

  • Nasional
    • Konsensus Nasional Maturitas Digital
  • Sub-Nasional
    • Monitoring Makro
    • Maturitas Digital Sub-Nasional
  • Rumah Sakit
    • Data Keterisian Rumah Sakit
    • Level RME Rumah Sakit
    • Maturitas Digital Rumah Sakit
    • Monitoring Rumah Sakit

1. MEMBUAT DASHBOARD

Dashboard DMI memungkinkan pengguna untuk mendapatkan data untuk berbagai jenis kebutuhan analisis. Misalnya analisis fasyankes tertentu, analisis periode, dan analisis komponen penilaian. Untuk membuat analisis yang menyesuaikan kebutuhan, pengguna perlu membuat dashboard batu dengan cara mengetuk tombok “+” di kiri atas.

Setelah membuat dashboard baru, pengguna perlu menyesuaikan beberapa komponen data yang diinginkan dengan cara berikut:

2. Menyimpan Dashboard

3. Melihat tampilan print

4. Keluar tanpa menyimpan

5. Judul/nama dashboard

6. Menambahkan deskripsi

7. Menambahkan visualisasi

8. Visualisasi yang sudah ditambahkan

9. Menghapus visualisasi

2. MENGEDIT DASHBOARD

Dashboard yang ada memungkinkan untuk mengalami perubahan. Untuk mengeditnya, pengguna dapat mengklik tombol edit

Selanjutnya, pengguna akan masuk ke dashboard yang akan diedit kemudian mengubah informasi yang ada di dalamnya dengan cara berikut:

  1. Untuk menyimpan perubahan
  2. Print preview
  3. Menerjemahkan
  4. Menghapus Dashboard
  5. Merubah nama dashboard
  6. Merubah deskripsi Dashboard
  7. Menambah visualisasi
  8. Menghapus visualisasi
  9. Keluar tanpa menyimpan

DATA VISUALISER

Data Visualizer app merupakan salah satu fitur yang ada di DHIS2 yang dapat digunakan untuk membuat visualisasi dari data mentah sehingga dapat dijadikan sebuah informasi. Pengguna dapat membuat sendiri tampilan data sesuai kebutuhan analisis.

Fitur data visualizer dapat diakses dengan menekan tombol flexbox di kanan atas, kemudian memilih tombol pilihan ‘Data’ seperti berikut ini:

Selanjutnya, pengguna akan masuk ke lembar kerja visualizer untuk memilih metode analisis data yang ada.

Berikut cara kerjanya:

  1. Jenis-jenis visualisasi
  2. Dimensi Utama
    • Data (What)
    • Periode (When)
    • Organisation Unit (Where)
  3. Pengelolaan Visualisasi
  4. Pengelolaan tata letak visualizer, mana yang akan dijadikan sebagai kategori, series, dan filter

Visualisasi data di dashboard DMI menggunakan format 2 dimensi. Pilihan visualisasi yang ada beragam mulai dari column chart, stacked column chart, bar chart, stacked bar chart, line chart, area chart, pie chart, radar chart, speedometer chart.

Perhatikan bagaimana visualisasi bekerja dengan pertimbangan berikut:

  • Series : Sekumpulan elemen berkelanjutan yang akan divisualisasikan untuk menunjukkan tren atau relasi antar data.
  • Categories : Kategori adalah sekumpulan elemen yang akan digunakan untuk membandingkan data.
  • Filter : Kebanyakan grafik berupa 2 dimensi sehingga filter digunakan sebagai dimensi ketiga yang berguna untuk menjelaskan 1 elemen pada grafik agar menjadi bermakna

CARA KERJA VISUALISASI

Contoh sebuah studi kasus untuk membuat data Jumlah respon rumah sakit per Provinsi di Indonesia. Data yang diperlukan adalah Jumlah Rumah Sakit, Jumlah Respons Rumah Sakit, dan Proporsi Respons Rumah Sakit. Kemudian periode waktu analisis adalah tahun ini. Organisasi unit adalah data provinsi.

Pertama, tambahkan data

Pengguna perlu mencari nama data melalui kolom berikut. Kemudian memilih ‘Data Type’ untuk mencari data yang spesifik. Setelah itu, pilih data yang diperlukan dengan mengklik 2 kali hingga pindah ke kolom kanan. Setelah seluruh data yang diinginkan muncul, klik tombol ‘Update’ untuk memutakhirkan data.

Kedua, menentukan periode

Pilih jenis periode dalam dua kategori, relative period atau fixed period. Pilihan kategori periode akan menampilkan tipe periode. Klik salah satu tipe periode yang diinginkan sebanyak 2 kali hingga berpindah ke kolom sebelah kanan. Terakhir, klik update.

Ketiga, pilih organisasi unit

Pilih organisasi unit yang muncul di kolom dengan mengklik kotak hingga tercentang. Pengguna dapat mengklik satu wilayah organisasi unit untuk seluruh fasyankes di kota/kabupaten/provinsi tersebut, atau memilih salah satu fasyankes. Terakhir, klik update.

Setelah data terkumpul, kita akan dapat menghasilkan visualisasi berdasarkan parameter yang ada.

Pengguna perlu menyimpan visualisasinya dengan cara berikut ini:

Seluruh visualisasi data yang tersimpan akan dapat diakses melalui